Latest News

Melintasi Jembatan Kelok 9 Yang Indah di Indonesia

TER-INTIP | Ternyata di negara yang kita cintai ini tidak kalah dengan negara lainnya dalam hal keindahan alam. Apalagi infrastruktur dikelola dengan baik. Contohnya adalah pembangunan Jembatan Kelok 9 yang indah dan sungguh membuat mata takjub. Penasaran? Yuk kita simak di bawah ini.

Indahnya Melintasi Jembatan Kelok 9 di Indonesia
Jembatan Kelok 9 merupakan jembatan yang sangat indah dan diapit oleh Taman Nasional dan Taman Konservasi Alam yang keduanya berada di kawasan bukit barisan.

JEMBATAN INI DI INDONESIA LHO BRO!
Indonesia Raya itulah nama besarnya karena memang menyimpan banyak keindahan dan bangunan monumental yang tak kalah dengan tempat di belahan negara lain. Artinya kita HARUS BANGGA dengan negara sendiri, kita harus MENJAGA segala isinya di negeri ini, bukan merusaknya dengan alasan apapun!

Jembatan Kelok 9 merupakan jembatan yang sangat indah dan diapit oleh Taman Nasional dan Taman Konservasi Alam yang keduanya berada di kawasan bukit barisan.

Kelok 9 adalah jalan lintas tengah sumatra, yang menghubungkan provinsi Riau dengan provinsi Sumatra Barat (jalan yang arah ke bawah). Kelok 9 terletak di kabupaten 50 kota, sekitar 25 kilometer dari kota Payakumbuh ke arah Pekanbaru (Riau).

Dinamakan kelok 9, karena jalan ini yang bentuknya berkelok-kelok sebanyak 9 buah kelokan. Kelok 9 ini merupakan salah satu tempat peristirahatan favorit pemudik dari Riau menuju Sumbar terutama pengendara motor karena dapat melepas penat sejenak sambil menikmati pemandangan.

Di sini juga ada warung-warung kecil yang menjajakan makanan. Nah, karena setiap lebaran jalan kelok 9 yang sempit ini selalu macet apalagi pemudik yang singgah turut menambah kemacetan, maka sejak 2003 diadakanlah megaproyek 5 tahunan pembangunan JEMBATAN KELOK 9.

Jalan layang ini memiliki panjang total 950 meter dengan enam unit jembatan dan dibangun dengan konstruksi beton bertulang pada dua jalur ruas jalannya.

Sejak tahun 2003 hingga tahun 2012 keseluruhan biaya pembangunan tahap satu jembatan dan jalan Kelok 9 telah menghabiskan Rp312,99 miliar. Infrastruktur transportasi ini akan menampung kegiatan lalu lintas harian rata-rata 6.800 unit kendaraan per hari pada hari biasa dan 11.350 unit kendaraan per pada hari libur.

Keindahan alam kawasan Bukit Barisan dan kecanggihan desain konstruksi bangunan jembatan kelok 9 seolah menggambarkan keterpaduan yang sangat harmonis antara anugerah yang maha kuasa dengan kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya desain konstruksi. Siapapun yang melihat dan melewati jembatan kelok 9, bisa dipastikan akan kagum melihat desain konstruksi, kekokohan , serta keindahan jembatan kelok 9.

Salam NKRI Raya!

Editor: Tim Ter-Intip
Sumber: Catetan MAZ TONI Aka Tante Paku

1 Response to "Melintasi Jembatan Kelok 9 Yang Indah di Indonesia"

  1. wah jadi pengen kesana melihat secara langsung jembatannya...boleh berhenti ya?

    ReplyDelete